Kamis, 30 Agustus 2018

Rangkaian Bunga Anggrek Bulan Segar

Popularitas bunga anggrek bulan di Indonesia sudah tidak diragukan lagi. Bahkan orang awam tentang anggrek sekalipun minimal pernah mendengar nama itu. Dinamai anggrek bulan cukup masuk akal karena karakter bunganya yang besar kebulatan dan merekah seperti rembulan.

Vas-Anggrek-Phalaenopsis-Amabililis-Rusty-Florist-01
Secara ilmiah anggrek bulan memiliki nama Phalaenopsis yang tergolong dalam Tribe Vandaeae dan Subtribe Aeridinae. Dalam bahasa Yunani phalaina berarti ngengat dan opsis berarti menyerupai. Jika digabungkan menjadi Phalaenopsis yang bermakna “yang menyerupai ngengat yang sedang terbang” dan pada literatur lainnya disebutkan bahwa anggrek bulan merujuk pada kupu-kupu legendaris yang terbang diantara kuntum bunga di taman - taman dan ada juga yang mengartikannya sebagai jelmaan peri imut yang beterbangan sebagai penjaga keindahan taman - taman yang ada di dunia. Indonesia memiliki salah satu spesies anggrek bulan dengan nama Phalaenopsis amabilis yang sampai sekarang masih mendominasi hutan-hutan tropis di seluruh wilayah Indonesia. Phalaenopsis  amabilis memiliki bunga putih dan cukup besar, dengan karakteristik menarik pada bagian bibir bunga yang beraneka rupa warna, dan dengan ketebalan kelopak daging bunganya itu sendiri. Selain itu Phal. amabilis juga sangat mudah dikenali dengan ciri utama daun yang panjang. Satu kelebihan Phal. amabilis adalah karakternya yang sangat mudah beradaptasi hampir di semua kondisi lingkungan.

Kemudahan lainnya yang dimiliki oleh anggrek bulan adalah kemudahan yang dimilikinya dalam pertumbuhan dan perkembangbiakannya., hingga kemampuan beradaptasinya dengan lingkungan sekitarnya tanpa merugikan inangnya dimana ia tinggal bernaung. Ditambah lagi dengan aneka tekhnik perkawinan silang, yang banyak menelurkan aneka anggrek jenis baru yang tak kalah cantiknya.

Bunga ini pun menjadi sangat populer dalam industri kreatif perangkaian bunga. Pada awal di mana industri dekorasi bunga hias di Indonesia di mulai, pembuatan suatu rangkaian aneka anggrek - baik cymbidium, anggrek bulan hingga dendrobium ditandai dengan kontes banyak - banyakan kelopak bunga yang serentak tumbuh dan mekar dengan ditandai main panjang - panjangan tangkai yang otomatis membuat suatu rangkaian anggrek bulan dikatakan eksklusif.

Hal ini disebabkan dengan suatu yang merujuk pada suatu legenda, bahwa anggrek bulan adalah bunga yang identik dengan pembukaan yang dapat menguasai kekayaan dua alam, yang judulnya supranatural spiritual  yang dimana pada bunga lainnya, disebutkan dengan kisah literatur gambaran sebagai seperti lotus, peony, hingga teratai. Jadi, hal itu lah yang mendasari kontes pengiriman bunga rangkaian khusus anggrek dahulu kala yang dirujuk dengan kontes bunga mekar serentak dan panjang tangkai yang dimilikinya dengan banyak jumlah kelopak bunga hingga bulb [ kenop- istilah umum para florist anggrek bulan ] yang dimilikinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar