Selasa, 18 September 2018

Kalung Hawaii Anggrek Douglas


Salah satu produk bunga rangkaian yang terkenal dalam memanfaatkan anggrek douglas, salah satunya adalah dengan adanya produk kalung bunga Hawaii yang di sebut juga bagi sebagian adalah kalung Lei'.

Menurut lansiran wikipedia tentang lei' adalah, sebagai berikut :

" Seuntai lei (bentuk jamak dalam bahasa Hawaii: nā lei) bisa dibuat dari apa saja, namun bahan paling umum untuk lei adalah daun-daunan dan bunga yang masih segar, tanaman menjalar, atau tanaman paku. Bunga yang biasa dipakai untuk lei adalah bunga kemboja, lehua, dan anggrek. Daun maile sangat populer untuk membuat lei, termasuk untuk membuat lei yang dipakai penari hula tradisional.

Selain dari daun-daun hijau dan bunga, lei juga bisa dibuat dari cangkang kerang, gigi paus, biji-bijian, kacang-kacangan, tulang hewan, bulu burung, bunga plastik, kain, kertas (termasuk origami dan uang kertas), permen, atau benda-benda lain yang bisa diuntai dan dipakai di leher. Lei dari bahan-bahan yang diambil dari alam dipercaya sebagai bagian dari tubuh dewa-dewi, dan dipercaya sebagai jimat dan penolak bala.

Setiap pulau di Hawaii memiliki lei khas yang dirangkai dari bunga resmi dan warna untuk pulau tersebut.:

    Oahu: bunga ilima (warna kuning keemasan)

    Bunga ini dulunya hanya boleh dipakai oleh raja dan kalangan bangsawan.

    Hawaii: lehua (merah)

    Bunga ini dilemparkan ke kawah Kīlauea setelah ritual hula

    Maui: lolekani (merah jambu)

    Bunga mawar ini berukuran kecil dan disebut mawar surga

    Kauai: mokihana (hijau)

    Buah dan tanaman menjalar mokihana yang harum dirangkai menjadi lei.

    Molokai: kukui (putih)

    Bunga putih kukui diuntai menjadi lei.

    Lanai: kaunaoa (kuning cerah)

    Tumbuhan parasit yang dicampur dengan bunga lain sebagai untaian lei. "

Kalung Hawaii Lei' Bunga Anggrek Douglas Segar
Bunga kalung ini  biasanya digunakan pada adat upacara untuk pernikahan, yang hampir mirip seperti di Indonesia yang menggunakan kalung roncean melati untuk upacara dari akad nikahnya hingga pernikahan yang tradisional.

Kemudian kalung ini juga dijadikan digunakan dalam adat upacara penyambutan tamu kehormatan, kelulusan hingga upacara kematian.

Dalam berbagai kreatifitas pembuatan kalung Hawaii ini pada dasar awalnya di Jakarta sendiri adalah menggunakan bunga melati, yang kemudian berkembang dengan menggunakan anggrek douglas seperti yang kami sematkan foto contoh kalungnya, kemudian anggrek dendrobium dan dapat juga menggunakan beberapa jenis bunga lainnya untuk dijadikan kalung Hawaii. Bahkan, merambah juga dapat dengan menggunakan bunga palsu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar