Minggu, 16 September 2018

Tentang Bunga Sedap Malam

Bunga sedap malam alias polianthes tuberose, yang konon dikatakan sebagai bunga dari utara Amerika dan ada juga yang menyebutnya sebagai bunga yang identik dengan suku Asmat, dan ada juga yang mengatakan sebagai bunga yang identik juga dengan pulau Jawa.

Karangan Bunga Sedap Malam Dalam Vas Kaca
Nah jangan bingung, semua bunga judulnya darimana saja tak ada masalah darimana asalnya daripada pusing diibartkan dengan berpikir telur dulu atau ayam dulu, dikarenakan sifatnya dan karakteristik aneka tiap jenis bunga ya alami, yang bisa dinikmati oleh semua makhluk - begitu pun telur dan ayam. Siapa pun dapat menikmatinya sebagai hidangan yang enak.

Bunga ini dikatakan sebagai 'bunga jembatan' dan dalam literatur lainnya, 'kereta' dalam beberapa literatur kuno yang menggambarkan bunga yang satu, yang bisa kami bagi di sini. Dan dikatakan memiliki mistis tertentu dikarenakan bunga ini hanya mekar dan wangi di malam hari saja, yang ada sebagian mengatakan adalah bidadari malam yang turun memberikan berkah.

Menurut kutipan dari situs : https://sains.me/ yang menerangkan sebab kenapa bunga yang satu ini mekar dan wangi hanya malam saja,sebagai berikut kutipannya :


" Bunga sedap malam mekar pada malam hari, sehingga aroma wanginya juga akan tercium pada malam hari. Mengapa bunga sedap malam mekar pada malam hari dan bukan pada siang hari?

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi mekarnya suatu bunga, di antaranya yaitu suhu, kelembaban, dan cahaya.Pada bunga sedap malam, cahaya berpengaruh pada pergerakan selnya. Gerak tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsang gelap disebut skototropisme. Hal ini yang menyebabkan bunga sedap malam mekar pada malam hari.

Ada alasan lain yang menyebabkan bunga sedap malam mengeluarkan aromanya pada malam hari, yaitu akibat reaksi fotosintesis.

Masih ingat kah kamu, fotosintesis terdiri dari dua reaksi, yaitu reaksi terang dan reaksi gelap? Reaksi terang adalah reaksi fotosintesis yang memerlukan cahaya sehingga biasanya berlangsung pada siang hari.

Sedangkan reaksi gelap adalah reaksi fotosintesis yang tidak memerlukan cahaya, melainkan membutuhkan karbon dioksida. Reaksi gelap terjadi pada malam hari.

Nah bunga sedap malam mengeluarkan aroma wangi pada malam hari karena munculnya zat hasil fotosintesis yang terjadi antara reaksi oksigen dengan senyawa-senyawa kimia lainnya.

Zat ini bersifat volatile atau mudah menguap sehingga ketika menguap akan menyebarkan aroma yang khas. Jadi, kalau kamu mencium wangi bunga pada tengah malam, jangan lari karena takut ada hantu, mungkin itu hanya bunga sedap malam yang sedang mekar ".


Bunga ini memiliki banyak jenis yang dapat di lihat dari ujung kelopak bunganya, dari yang berwarna kemerahan , krem putih susu, hingga putih dan putih kehijauan. Dikatakan sebagai bunga yang identik dengan Jawa, dikarenakan perkembangbiakkan budi daya perkebunannya banyak tersebar di Jawa, apalagi sedap malam Ambarawa. Yang menduduki sebagai bunga sedap malam yang terkenal dan dikemudian hari mulai dikembangkan di daerah Jawa Barat, kebanyakan di Sukabumi.

Bunga terkenal ini dikarenakan akan kecantikan mekarnya, serta wanginya yang khas dan mistis yang sangat terkenal sehingga banyak sekali digunakan pada berbagai kegiatan perayaan keagamaan dari upacara sembahyang di kuil, Imlek dan Lebaran. Jadi, pada kesempatan itu juga lah bunga tuberose ini sangat laku keras.

Bunga ini tak hanya cantik dalam berbagai rangkaian berupa vas, semakin hari - makin banyak yang menggunakan untuk berbagai kegiatan dekorasi bunga untuk ruangan acara - dari pernikahan hingga acara seminar untuk memberikan pengetahuan akan kesan yang ingin disampaikan oleh panitia acaranya. Dari dekorasi yang tak hanya untuk vas bentuk tinggi, hingga tampilan vas besar dan sangat tinggi di ruang utama hingga ke dekorasi tamannya sekarang pun masuk untuk memanfaatkan bunga yang satu ini.

Kiprah bunga ini juga tak berhenti sampai hanya dekorasi yang digunakan oleh dekorator florist saja, namun juga masuk dalam industri pembuatan parfum dikarenakan harum bunganya tersebut yang memberikan efek ketenangan dan aroma terapi. Dan ada juga yang menggunakannnya yang dipercaya sebagai bahan obat - obatan pada suku Asmat itu sendiri yang dikatakan dari utara tersebut.

Untuk kreatifitas para perangkai bunga untuk semakin memperkenalkan bunga yang satu ini pun tak mau ketinggalan, di artikel sebelumnya juga diketengahkan tentang rekor MURI dalam pembuatan replika burung Garuda yang menggunakan bunga sedap malam sebagai topik utamanya; yang dapat dibaca di halaman ini → Burung Garuda dan Bunga Sedap Malam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar